Menata Desain Halaman Rumah Minimalis Agar Asri dan Nyaman

Halaman rumah merupakan bagian rumah yang membutuhkan perhatian tersendiri. Kenapa? Karena halaman merupakan bagian rumah yang dapat dilihat langsung oleh orang lain. Apa kata orang jika melihat halaman suatu rumah yang kotor dan berantakan. Tentu saja orang akan berpikir si pemilik rumah seorang yang malas membersihkan rumah dan kumuh. Oleh karena itu tata kelola halaman rumah menjadi sangat vital karena dapat menunjukkan kepribadian si pemilik rumah. Saat ini, kebanyakan orang memilih rumah minimalis sebagai tempat tinggal mereka. Rumah minimalis merupakan rumah dengan konsep sederhana namun tidak meninggalkan estetika. Bagaimana menata halaman rumah minimalis, mengingat rumah minimalis tidak mempunyai lahan yang terlalu luas. Karena itulah desain halaman rumah minimalis perlu dipikirkan secara matang agar terlihat asri dan indah. Halaman yang asri dan indah akan membuat nyaman penghuninya.

Desain Halaman Rumah Minimalis

Rumah minimalis umumnya tidak mempunyai halaman yang terlalu luas. Maka dari itu desain halaman rumah minimalis juga menyesuaikan. Bagaimana mengelola area yang sempit menjadi halaman yang indah. Menjadikan halaman sebagai taman adalah salah satu pilihan yang baik.

Taman untuk desain halaman rumah minimalis

Pembuatan taman untuk rumah memang bukan hal yang wajib. Namun tanpa taman, rumah akan terlihat gersang dan panas. Pembuatan taman selain sebagai penyejuk juga untuk mempercantik rumah itu sendiri. Pembuatan taman untuk desain halaman rumah minimalis perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti konsep taman, vegetasi, hingga drainase.

Konsep taman yang ingin dibuat menentukan desain halaman rumah minimalis. Taman cukup dibuat sederhana namun multiguna. Mengingat lahan rumah minimalis tidak terlalu luas. Konsep taman juga harus menyesuaikan. Untuk vegetasi melingkupi rumput, bunga, hingga pepohonan. Ada banyak pilihan untuk rumput seperti rumput gajah, rumput gajah mini, atau rumput jepang. Pilih yang mudah pemeliharaanya dan harganya tidak terlalu mahal. Rumput gajah cukup murah namun pertumbuhannya cepat sehingga beberapa minggu sekali harus dipangkas. Sedangkan rumput gajah mini perawatannya paling mudah. Untuk pohon dan bunga sesuaikan dengan selera. Umumnya orang lebih menyukai pohon yang teduh dan sejuk. Pemakaian pot untuk bunga juga disarankan namun tetap memperhatikan estetika. Tata letak tanaman juga harus diperhatikan, semisal rumput di bagian depan, bunga di samping, dan pohon dibelakang. 

Desain Halaman Rumah Minimalis (2)
Desain Halaman Rumah Minimalis (3)

Yang terakhir adalah drainase. Tanpa drainase taman akan cepat rusak dan banjir. Usahakan agar air cepat meresap ke dalam tanah. Pembuatan lubang biopori sangat disarankan, karena selain untuk resapan air, lubang biopori dapat meningkatkan cadangan air tanah. Desain halaman rumah minimalis sebaiknya tidak terlalu ramai. Cukup tempatkan vegetasi dan aksesoris tambahan sesuai kebutuhan. Halaman yang terlalu banyak isinya terkadang malah terkesan rimbun, selain itu juga perawatannya tidak mudah dan memakan banyak waktu.

thumbnail
Judul: Menata Desain Halaman Rumah Minimalis Agar Asri dan Nyaman
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Desain Halaman :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template By Bamz - Proudly Powered by Blogger