Perencanaan Taman Untuk Desain Halaman Belakang Rumah Minimalis

Tidak banyak rumah yang menempatkan ruang terbuka hijau di tempat tinggalnya. Beberapa orang memang tidak peduli masalah ini, yang lainnya beralasan sempitnya lahan di rumah mereka membuat mereka enggan untuk menempatkan taman kecil di halaman belakang. Ketiadaan taman rumah dapat disebabkan dari awal rancangan rumah memang tidak memberi ruang untuk zona hijau. Oleh karena itu desain awal rumah menjadi penting. Trend rumah minimalis hendaknya juga diikuti dengan pengembangan ini. Rumah minimalis dapat dikembangkan dengan membuat area kecil untuk taman di halaman belakangnya. Sedari awal pengembang rumah harus memperhatikan ini dengan membuat ruang kosong pada desain halaman belakang rumah minimalis.

Desain Halaman Belakang Rumah Minimalis

Bagaimana menata taman untuk desain halaman belakang rumah minimalis? Pertama-tama sediakan area kecil di belakang rumah minimalis yang akan disediakan untuk taman. Tidak harus dengan lahan yang besar, area sebesar kamar tidur sudah cukup luas untuk ukuran rumah minimalis. Yang harus diperhatikan berikutnya adalah jenis tanaman. Tanaman dipilih dengan menyesuaikan konsep taman yang akan dibuat. 

Taman untuk desain halaman belakang rumah minimalis sebaiknya mengikuti konsep minimalis sama dengan rumah aslinya. Dengan mengikuti konsep minimalis, buatlah taman dengan area terbuka di tengahnya. Di pinggir dapat diberi tanaman perdu atau tanaman berbunga. Area terbuka di tengah dapat ditutupi dengan rumput sejenis rumput gajah mini yang mudah perawatannya. Area terbuka ini dapat digunakan untuk ruang berkumpul keluarga dan tempat bermain anak. Buatlah batas tegas seperti garis atau kotak antara rumput dan tanaman-tanaman yang ada di samping dan sudut taman. Kombinasikan dengan bebatuan alami atau konblok berdampingan dengan tanaman-tanaman yang ada. 

Desain Halaman Belakang Rumah Minimalis (2)

Desain Halaman Belakang Rumah Minimalis (3)

Pilihan taman lainnya untuk desain halaman belakang rumah minimalis adalah dengan membuat kolam . Buatlah kolam dengan bentuk kotak atau geometris disesuaikan dengan konsep minimalis rumah tersebut. Ukuran dapat bervariasi menyesuaikan dengan lahan yang ada. Namun usahakan jangan terlalu kecil. Bahan material dapat mempergunakan batu alam. Untuk pilihan warna, usahakan bukan warna yang terlalu cerah. Dianjurkan memilih warna material bumi seperti hitam atau coklat untuk menambah kesan alami. Karena konsepnya minimais, jangan terlalu banyak memberi ornament pada kolam.  Kolam dapat dipergunakan untuk kolam ikan atau hanya sekedar penyejuk ruangan saja. Perawatan kolam diatur secara berkala untuk pembersihan dan pengaturan drainase.

Desain halaman belakang rumah minimalis penting untuk memberi area khusus untuk zona hijau atau taman. Keberadaan taman atau kolam kecil memberi kesegaran tersendiri bagi rumah tersebut. Selain menambah kenyamanan, juga baik untuk kesehatan karena banyak oksigen dihasilkan dari tanaman di taman tersebut. Keberadaan taman juga dapat menjadi tempat rekreasi setelah penat bekerja atau sekedar melepas kejenuhan.

thumbnail
Judul: Perencanaan Taman Untuk Desain Halaman Belakang Rumah Minimalis
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Desain Halaman :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Template By Bamz - Proudly Powered by Blogger